Manfaat Luar Biasa Dari Jeruk Limau

Tanaman buah jeruk limau adalah varietas lain dari tanaman jeruk yang mana jeruk yang satu ini tidak untuk dikonsumsi dan bukan tipe jeruk konsumsi,jeruk limau ini kebanyakan orang menyebutnya sebagai jeruk sambal,hal ini dikarenakan jenis jeruk limau difungsikan secara khusus sebagai bahan pelengkap sebagai bumbu masakan.

Manfaat Luar Biasa Dari Jeruk Limau

Buah jeruk limau ini sering sekali disamakan dengan dengan jeruk purut,namun terdapat beberapa hal yang mana dalam hal ini masih tergolong sangat banyak orang yang tidak mengetahui secara detail perbedaan jeruk limau dengan jeruk purut,karena memang secara ukuran jeruk limau ini mempunyai size atau ukuran yang jauh lebih kecil daripada jeruk purut.

Baca Juga: Tips Budidaya Sawo Manila

Pohon jeruk limau ini memiliki ketinggian rata-rata hanya sekitar 1 – 2,5 m saja, dan pada bagian pohonnya ini berbentuk sangat kecil sekali. Ukuran buah dari jeruk limau ini juga tergolong mini ,yakni hanya berdiameter sekitar 2 – 4 cm saja, mempunyai warna dasar hijau muda dan tentunya mempunyai aroma yang sangat wangi. Bunga dari pohon jeruk limau ini berwarna  putih dan aromanya sangat wangi. Daging buah jeruk limau ini berwarna putih dan memiliki rasa yang sangat masam.

Jeruk limau pada umumnya sering sekali dijadikan bahan pelengkap untuk kuliner sebagai tambahan untuk bumbu kacang yang ada pada jajanan siomay. Selain memiliki citarasa yang sangat khas, yakni mempunyai rasa kecut, dan pahit, buah satu ini juga memiliki aroma segar yang menggoda. Tak hanya itu saja,ternyata buah jeruk limau ini memiliki segudang manfaat terutama untuk kesehatan tubuh manusia yang sayang untuk dilewatkan.

Manfaat Jeruk limau memiliki banyak sekali khasiat, meskipun buah ini memiliki 1. 1. 1. Sebagai Bahan dan Bumbu Masakan

Berbicara tentang manfaat dari buah jeruk limau maka hal utama yang akan kami jelaskan sudah pasti sebagai tambahan atau pelengkap  bumbu di berbagai jenis kuliner Khas Indonesia. Yang mana jeruk limau ini paling sering untuk dimanfaatkan sebagai tambahan penyedap pada sajian sambal, maka tak heran jika  jeruk limau ini juga sangat terkenal dengan istilah jeruk sambal.

2. Untuk Membersihkan Lemak pada Peralatan Dapur

Jika anda mempunyai peralatan dapur yang masih  kotor atau sukar sekali dibersihkan dan masih banyak  bekas lemak, maka anda tidak perlu lagi merasa khawatir. Sediakan 1 atau 2 buah jeruk limau,lalu teteskan ke piring atau peralatan dapur yang kotor,dan dalam sekejap akan luntur semuanya dan terlihat kinclong dan bersih.

Hal ini sudah terbukti di hampir semua produk yang dijadikan sebagai pencuci peralatan dapur dan alat masak memiliki kandungan ekstrak jeruk limau di dalamnya.

  1. Menjadi “sabun” untuk Mencuci Tangan

Bagi anda yang gemar sekali menyantap kuliner masakan di restoran padang atau ketika menyantap hidangan masakan khas sunda, peralatan makan jarang digunakan. Biasanya lebih nikmat makan langsung menggunakan tangan, tanpa bantuan sendok dan garpu. Atau ketika tangan anda yang terkena kotoran oleh sebuah makanan, bisa bersih dan segar, apabila anda mencuci tangan dengan air yang sudah dicampur potongan jeruk limau.

  1. Menyegarkan Badan

Manfaat jeruk limau yang satu ini ternyata juga sangat baik dan tentunya sangat positif sekali,yakni untuk menyegarkan badan. Hal ini,dikarenakan karena pada buah jeruk limau terdapat rasa yang tidak begitu asam,yang mana dalam hal ini membuat buah jeruk limau sangat efektif dan bekerja secara signifikan dapat mencegah kantuk dan tentu dengan manfaat ini akan membuat tubuh akan menjadi  Fresh dan jauh semangat dan terasa ringan kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *